Senin, 23 Juli 2012

Bosan... Jenuh... Jadi Karya ^_^


Libur panjang terkadang membosankan jika tidak diiringi dengan aktivitas yang bermanfaat.Terkadang kita disibukkan dengan ragam kegiatan yang hanya sekedar memanjakan mata tanpa manfaat, seperti nonton sinetron.Coba kita pikirkan, menghabiskan waktu di depan layar TV hanya untuk menyaksikan kisah orang lain yang menguras emosi dengan episode yang tak kunjung beres sampai mengundang penasaran nonton setiap hari hingga kita tersadar bahwa waktu liburan telah usai.Sia-siakan bukan waktu kita?
Begitupun yang aku rasakan.Berdiam diri di rumah selama liburan memang sangat jenuh.Tapi jangan salah, terkadang ide-ide nakal alias brilian muncul justru di saat kita merasa bosan dan jenuh. Tersebutlah suatu pagi, aku berniat membereskan rumah dan menaruh barang-barang yang sekiranya tidak terpakai lagi di gudang lantai dua rumahku.Awalnya biasa saja, tapi melihat beberapa kaleng susu keponakan saya yang menumpuk begitu saja, ide iseng di otak saya bermunculan.
“gimana caranya ya biar kaleng susu ini manfaat? ,kalau di jual ke tukang rongsokan paling laku berapa ratus rupiah, ga sebandingnya dengan harga belinya sampai puluhan ribu” pikirku
Aku bolak-balik kaleng susu ini sambil mencari ide.
Aaahhhhaaa… !!! karna aku suka menabung dan mengoleksi uang logam, aku punya ide untuk membuat celengan.kebetulan celenganku sudah pada bolong alias sudah dijarah isinya….hehhe…
Lalu aku berfikir bagaimana agar celengan ini tampak menarik dan mahal.Kemudian saya teringat beberapa waktu lalu di dalam angkot menuju sekolah, ada seorang wanita muda membawa tempat tissue dengan hiasan kain planel.Aku jadi punyaide bagaimana kalau celenganku dihias dengan kain planel.
Usai membuat rancangan konsepnya, aku bergegas ke pasar untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan.seperti kain planel beberapa warna, lem, manik-manik dan dakron.
Selepas dari pasar, mulai saya beraksi.Pertama membuat pola untuk bagian sisi kaleng susu.aku gunting kain planel warna ungu seluas keliling kaleng, dan aku buat beberapa bentuk buah-buahan pada kain planel yang lain lalu aku jahit pada kain planel pertama dengan rapi ditambah ornament manik-manik pada bentuk buah-buahannya.
Langkah kedua, saya membuat hiasan untuk di atas tutup kaleng.aku potong  kain planel warna lain berbentuk persegi yang sebelumnya sudah ditempel manik-manik pada bagian tengahnya lalu aku isi dakron terus diikat menyerupai bentuk strawberry.terbayang kan? Hehhe… begitu selanjutnya sampai beberapa buah.setelah selesai membuat bentuk buah timbulnya, aku potong kain plael berbentuk bundar lalu aku jahit beberapa bentuk strawberry dengan pola melingkar.
Setelah bagian sisi dan atas tutup kaleng selesai.selanjutnya tinggal merekatkan kain planel yang telah dihias pada bagian sisi kaleng dengan lem.Begitu juga pada bagian tutup kaleng.
Begitulah..akhirnya setelah kira-kira dua jam pengerjaan mulai dari konsep hingga finishing jadilah sebuah celengan imut dan cantik yang ku beri nama :” MBP = My Beauty Pocket”.
Celengan yang sudah jadi aku perlihatkan pada kakakku, setelah dia bilang celengannya bagus dan mau dibikinkan juga, aku mulai membuat beberapa celengan lagi.Aku coba tawarkan juga ke tetangga, ternyata ada yang mau beli.satu buah MBP saya jual dengan harga Rp.20.000 s/d Rp.25.000.Lumayan kan, dari sebuah kaleng susu bekas dengan bermodal sedikit kain planel dan ketekunan bisa membawa rezeki.Daripada bengong di rumah tanpa aksi apapun lebih baik mainkan imajinasimu buat sebuah karya.. iya ga? hehhe.. Selain bisa dipakai sendiri dan dijual, celengan ini juga bisa dijadikan kado untuk saudara atau sahabat.Daripada beli, lebih baik bikin sendiri, yang dikasih kado akan senang jika tahu itu hasil karyamu sendiri… : )
Nah… seru kan mengisi waktu liburan dengan berkarya.. Ayo tunjukan aksimu.. Apa yang bisa kamu ciptakan..?? *sambil berfikir… -.-
So… Selamat mencoba… ^_^

 

"Kau hanya butuh sedikit kesabaran dan ketekunan dalam mencoba dan berusaha untuk menciptakan sesuatu yang berarti "

  
~Maya Romantin, 2012~



www.mayaromantin.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar